Postingan

Menampilkan postingan dari September 12, 2020

Teks Iklan, Slogan, Poster ( Bagian Ketiga)

  Assalamualaikum Wr.Wb Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas  KD (Kompetensi Dasar) 3.4 Menelaah pola penyajian, dan kebahasaan  teks iklan, slogan, atau poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan tepat. 4.4   Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis   Ciri kebahasaan iklan diantaranya: ·          Kalimat persuasif Kalimat persuasif adalah Kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Maksudnya, kata-kata dalam teks iklan itu bertujuan supaya para konsumen yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya: Head&Shouders, wangi lemon yang menyegarkan megurangi ketombe secara nyata dan membuat kepala terasa bersih dan segar sepanjang hari ·          ...

Teks Iklan, Slogan, Poster (Bagian kedua)

  Assalamualaikum Wr.Wb Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas   KD (Kompetensi Dasar) 3.4 Menelaah pola penyajian, dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan tepat.   Pola penyajian iklan berdasarkan bentuknya diantaranya: A.       Iklan Media Cetak Karakter utama dari iklan adalah penggunaan bahasa tertulis di dalam penyampaian pesan-pesannya. Di samping mengutamakan kejelasan dalam kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, serta gambar-gambar. Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya. Iklan media cetak memiliki 2 jenis diantaranya: ·          Iklan Baris Iklan baris adalah iklan yang pemasanganya berupa baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidak ada gambar ataupu...