Teks Iklan, Slogan, Poster (Bagian kedua)
Assalamualaikum Wr.Wb
Pada
pembelajaran kali ini kita akan membahas
KD (Kompetensi Dasar) 3.4 Menelaah pola penyajian, dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang
membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
dengan tepat.
Pola
penyajian iklan berdasarkan bentuknya diantaranya:
A.
Iklan Media Cetak
Karakter utama dari iklan adalah
penggunaan bahasa tertulis di dalam penyampaian pesan-pesannya. Di samping
mengutamakan kejelasan dalam kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan
desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, serta gambar-gambar.
Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau
space-nya. Iklan media cetak memiliki 2 jenis diantaranya:
·
Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan yang pemasanganya berupa
baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidak ada gambar ataupun
ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun banyak yang mengalami
penyingkatan. Iklan baris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan dan
perusahaan-perusahaan kecil.
Perhatikan contoh berikut.
|
JUAL
RMH SEMI VILLA LS 174 BT 4 BH KOLAM, AIR BAGUS, CCKUTK PERISTIRAHATAN HUB.
3283799 (TP) |
|
DIJUAL
TANAH LUAS 150 BT LOKASI OBJEK WISATA SITU GEDEHUB. BPK YAYAN TLP 022 322198 |
·
Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam
media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, bentuknya besar. Di samping
menggunakan teks, iklan ini sering pula menyertakan gambar dan berbagai
ilustrasi menarik lainnya.
|
WALK IN INTERVIEW |
|
Dibutuhkan
(P/W) Marketing
Cargo berpengalaman LMRN
BW LSG JAM 10.00 S/D 14.00 PT.
DIMENSI 7 CARGO Komp.
Istana Kawalyaan Ruko
No. 12 A Telp.
(022) 7331921/70439777 |
·
Iklan Display
Iklan display merupakan iklan yang memiliki ukuran
lebih luas dibanding iklan kolom. Iklan display merupakan iklan yang berisi
hanya kata-kata dan gambar, foto, ataupun media-media grafis lainnya.
·
Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah iklan yang teknik
penyampaiannya mirip berita. Contoh iklan advertorial yaitu iklan berkaitan
dengan pelayanan jasa kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan
ataupun produk baru dengan informasi yang lebih kompleks.
B.
Iklan Elektronik
Iklan elektronik merupakan iklan berbasis perangkat
elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut.
·
Iklan radio,
iklan ini mengandalkan efek suara, baik itu berupa tuturan, musik, maupun
bunyi-bunyi.
·
Iklan televisi,
iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.
·
Iklan film, iklan
film yang tersaji dalam judul film (produk sinema). Iklan film biasanya muncul
sebelum film utama diputar.
Pola
penyajian iklan berdasaskan isinya, diantaranya:
·
Iklan
Pemberitahuan
Iklan ini bertujuan untuk memberitahu
khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa perstiwa, keadaan, atau hal
lainnya. Iklan ini dapat berupa iklan turut berdkua cita, pesta pernikahan,
pelaksanaan kegiatan rapat, dan sebagainya.
Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh
perorangan atau suatu keluarga. Namun, ada pula yang dipasang oleh
perusahaan-perusahaan, misalnya yang berupa pemberitahuan pembubaran perusahaan,
rapat pemegang saham. Contoh:
|
PEMBERITAHUAN Diberitahukan
kepada khalayak ramai bahwa per … Tanggal
31 Juli 2015 Cabang perseroan trbatas … PT.
MAJU MUNDUR yang berkedudukan di … Kabupaten
XXX, telah dibubarkan, demikian ber … dasarkan
Akta tanggal 20 April 215, no. 18 dibuat oleh
XXX XXX XXX, S.H., notaries di … Surabaya Hormat
Kami Direksi |
·
Iklan Layanan
Masyarakat
Iklan ini bertujuan untuk memberikan
penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat
merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau
mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat
bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya
agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. (Pujiyanto. 2014).
Contohnya; iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotik. Pengguna ini
umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).
·
Iklan Penawaran
Iklan
penawaran adalah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada
masyarakat, supaya masyarakat mau membeli atau menggunakannya. Iklan penawaran
juga termasuk jenis iklan niaga. Contoh iklan penawaran misalnya iklan produk,
jasa, dan lain sebagainya.
Pola penyajian iklan berdasarkan strukturnya
Teks iklan, slogan dan poster disajikan berdasarkan struktur pembangun
teks yang tidak baku. Namun secara umum harus memiliki unsur-unsur yang harus
terdapat di dalamnya. Pada poal penyajian ini setidaknya terdiri atas judul
atau nama produk, penjelasan, dan nama serta alamat pengiklan.
·
Judul atau Nama
Produk
Bagian ini berisi nama produk, jasa, atau kegiatan
yang diiklankan. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Judul
atau nama produk tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan
bagian pertama yang dibaca orang. Melalui bagian ini pembaca dapat mengetahui
iklan yang ditawarkan meskipun tidak selalu menggambarkan produk yang
ditawarkan secara jelas.
·
Tubuh iklan
Bagian ini berisi tujuan produk, jasa, atau kegiatan
tersebut diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan
tersebut. Aspek-aspek yang ingin disampaikan atau ditawarkan pemasang iklan
disampaikan secara terperinci.
·
Nama dan Alamat
Pengiklan
Bagian ini merupakan inforamsi tambahan yang juga
penting disajikan, berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat
dihubungi.
Selain itu, dalam iklan sering disajikan pula slogan, gambar-gambar
produk, serta nama dan logo perusahaan.
Slogan, Misalnya: “Membangun perpustakaan, membangun peradaban utama”.
Gambar dan logo perusahaan atau nama produk. Misalnya:
Gambar tumpukan buku.