Teks Iklan, Slogan, Poster (Bagian kedua)

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas  KD (Kompetensi Dasar) 3.4 Menelaah pola penyajian, dan kebahasaan  teks iklan, slogan, atau poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan tepat.

 

Pola penyajian iklan berdasarkan bentuknya diantaranya:

A.      Iklan Media Cetak

Karakter utama dari iklan adalah penggunaan bahasa tertulis di dalam penyampaian pesan-pesannya. Di samping mengutamakan kejelasan dalam kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, serta gambar-gambar. Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya. Iklan media cetak memiliki 2 jenis diantaranya:

·         Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan yang pemasanganya berupa baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun banyak yang mengalami penyingkatan. Iklan baris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil.

Perhatikan contoh berikut.

JUAL RMH SEMI VILLA LS 174 BT 4 BH KOLAM, AIR BAGUS, CCKUTK PERISTIRAHATAN HUB. 3283799 (TP)

DIJUAL TANAH LUAS 150 BT LOKASI OBJEK WISATA SITU GEDEHUB. BPK YAYAN TLP 022 322198

 

·         Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, bentuknya besar. Di samping menggunakan teks, iklan ini sering pula menyertakan gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya.

WALK IN INTERVIEW

Dibutuhkan (P/W)

Marketing Cargo berpengalaman

LMRN BW LSG JAM 10.00 S/D 14.00

PT. DIMENSI 7 CARGO

Komp. Istana Kawalyaan

Ruko No. 12 A

Telp. (022) 7331921/70439777

·         Iklan Display

Iklan display merupakan iklan yang memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom. Iklan display merupakan iklan yang berisi hanya kata-kata dan gambar, foto, ataupun media-media grafis lainnya.

 

·         Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah iklan yang teknik penyampaiannya mirip berita. Contoh iklan advertorial yaitu iklan berkaitan dengan pelayanan jasa kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan ataupun produk baru dengan informasi yang lebih kompleks.

B.      Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan berbasis perangkat elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut.

·         Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik itu berupa tuturan, musik, maupun bunyi-bunyi.

·         Iklan televisi, iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.

·         Iklan film, iklan film yang tersaji dalam judul film (produk sinema). Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.

Pola penyajian iklan berdasaskan isinya, diantaranya:

·         Iklan Pemberitahuan

Iklan ini bertujuan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan ini dapat berupa iklan turut berdkua cita, pesta pernikahan, pelaksanaan kegiatan rapat, dan sebagainya.

Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh perorangan atau suatu keluarga. Namun, ada pula yang dipasang oleh perusahaan-perusahaan, misalnya yang berupa pemberitahuan pembubaran perusahaan, rapat pemegang saham. Contoh:

 

PEMBERITAHUAN

Diberitahukan kepada khalayak ramai bahwa per …

Tanggal 31 Juli 2015 Cabang perseroan trbatas …

PT. MAJU MUNDUR yang berkedudukan di …

Kabupaten XXX, telah dibubarkan, demikian ber …

dasarkan Akta tanggal 20 April 215, no. 18 dibuat

oleh XXX XXX XXX, S.H., notaries di …

Surabaya

Hormat Kami

Direksi

 

·         Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. (Pujiyanto. 2014). Contohnya; iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotik. Pengguna ini umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

·         Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat, supaya masyarakat mau membeli atau menggunakannya. Iklan penawaran juga termasuk jenis iklan niaga. Contoh iklan penawaran misalnya iklan produk, jasa, dan lain sebagainya.

 

Pola penyajian iklan berdasarkan strukturnya

Teks iklan, slogan dan poster disajikan berdasarkan struktur pembangun teks yang tidak baku. Namun secara umum harus memiliki unsur-unsur yang harus terdapat di dalamnya. Pada poal penyajian ini setidaknya terdiri atas judul atau nama produk, penjelasan, dan nama serta alamat pengiklan.

·         Judul atau Nama Produk

Bagian ini berisi nama produk, jasa, atau kegiatan yang diiklankan. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Judul atau nama produk tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui bagian ini pembaca dapat mengetahui iklan yang ditawarkan meskipun tidak selalu menggambarkan produk yang ditawarkan secara jelas.

·         Tubuh iklan

Bagian ini berisi tujuan produk, jasa, atau kegiatan tersebut diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan tersebut. Aspek-aspek yang ingin disampaikan atau ditawarkan pemasang iklan disampaikan secara terperinci.

·         Nama dan Alamat Pengiklan

Bagian ini merupakan inforamsi tambahan yang juga penting disajikan, berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Selain itu, dalam iklan sering disajikan pula slogan, gambar-gambar produk, serta nama dan logo perusahaan.

Slogan, Misalnya: “Membangun perpustakaan, membangun peradaban utama”.

Gambar dan logo perusahaan atau nama produk. Misalnya: Gambar tumpukan buku.

 

Postingan populer dari blog ini

Teks Fantasi

Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi