Teks Iklan, Slogan, dan Poster
Assalamualaikum Wr.Wb
Pada
bab kali ini kita akan mempelajari tentang Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Setelah
pembelajaran ini, diharapkan kalian mampu untuk:
·
Mengidentifikasi innformasi teks iklan,
slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber
yang didengar dan dibaca.
·
Menyimpulkan isi teks iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
Iklan
Iklan adalah segala
bentuk pesan tentang suatu produk atau informasi yang disampaikan melalui suatu
media, yang ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan lebih
memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dengan suara. Pada
umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri; iklan dapat ditulis dengan media apa saja,
menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan menggunakan
pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak, pilihan kata yang digunakan
menonjolkan informasi utama yang dipentingkan, dan menggunakan pilihan kata
yang digunakan menunjukan sasaran. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang
banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan diantaranya:
·
Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk
menjual barang dan jasa.
·
Bagi dunia perkantoran, untuk
mendapatkan karyawan.
·
Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan
informasi dan memberikan layanan kepada
masyarakat.
·
Bagi orang perorangan, untuk membeli dan
menjual barang-barang pribadi.
Tujuan
dari iklan adalah:
·
Memberikan
informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
·
Upaya
untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan
iklan) terhadap produk yang diiklankan.
·
Meyakinkan
masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
·
Membuat atau mempermudah konsumen
mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Slogan
Slogan adalah
perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan
hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan
sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan
makna dan kehematan kata-kata. Slogan mempunyai karakteristik tertentu sehingga
dapat dibedakan dengan jenis informasi lainnya. Karakteristiknya antara lain:
·
Slogan
dapat berbentuk kalimat pendek.
·
Umumnya
slogan dibuat dengan kata-kata yang menarik dan mudah diingat.
·
Slogan dapat berupa semboyan atau moto
suatu organisasi ataupun kelompok masyarakat.
Tujuan
utama dari suatu slogan adalah untuk mengajak orang lain agar melakukan sesuatu
sesuai dengan isi slogan tersebut. Tujuan lain dari slogan adalah sebagai
berikut:
·
Untuk
menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat.
·
Untuk
memberikan pengertian kepada masyarakat sehingga menjadi sadar tentang suatu
hal.
·
Untuk
menyampaikan himbauan bagi publik.
·
Untuk
mempengaruhi publik agar mengikuti pesan dalam slogan.
·
Untuk memberikan motivasi kepada
khalayak.
Secara umum,
slogan dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis. Adapun macam-macam slogan
adalah sebagai berikut:
Slogan
Pendidikan
Slogan
pendidikan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi,
ajakan, dan motivasi dalam dunia pendidikan, contohnya slogan “Tut Wuri
Handayani”
Slogan Kesehatan
Slogan kesehatan
adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan
motivasi di bidang kesehatan, contohnya “Mencegah lebih baik daripada mengobati”
3. Slogan Peduli
Lingkungan
Slogan
lingkungan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi,
ajakan, dan peduli akan lingkungan, contohnya “Bersih itu baik, bersih itu
indah, bersih itu sehat”
4. Slogan
Pemasaran Produk/ Bisnis
Slogan pemasaran
adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan
mempengaruhi khalayak agar mengenal/ menggunakan suatu produk atau bisnis, contohnya
“Aqua, kebaikan hidup”
Poster
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang
dipajang di tempattempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni
pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster
mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di
tempattempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal
bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Dalam
pembuatan poster, sama dengan pembuatan slogan yakni dibuat dengan menarik.
Penggunaan warna, pemilihan jenis huruf dan tata letak penulisannya perlu
diperhatikan dengan serius karena itulah unsur-unsur terpenting dari sebuah
poster. Poster lebih mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata, poster bisa
dipajang di tempat-tempat umum.
Dibuatnya
sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan
sendiri. Yang secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai
media publikasi supaya masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai
dengan apa yang ada dalam poster tersebut.
Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya
poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan
komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat dna lain
sebagainya.
Ciri-ciri
poster yang diantaranya yaitu:
·
Desain
grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di
atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
·
Cara
pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau
permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal
mungkin.
·
Poster
pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
·
Poster
lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah
dipahami.
·
Pesan
yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
·
Poster dapat dibaca secara sambil lalu.
Adapun
jenis-jenis poster yang diantaranya yaitu:
·
Poster
Niaga
Poster
ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster
niaga ini banyak digunakan oleh para produsen kepada masyarakat. Poster niaga
ini banyak digunakan oleh para produsen suatu produk untuk mengenalkan
produknya kepada halayak umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan.
·
Poster
Kegiatan
Poster
ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event. Di
dalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara, lokasi serta waktu kapan
dimualinya acara. Penggunaan poster ini bertujuan agar ada banyak orang yang
hadir dan meramaikan acara tersebut.
·
Poster
Pendidikan
Poster
jenis ini berisi tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan, seperti sosialisasi
sebuah program, serta ajakan untuk giat dalam belajar.
·
Poster
Layanan Masyarakat
Poster
ini berisi mengenai sosialisasi tentang program baru yang dibuat oleh
pemerintah kepada masyarakat.