Teks Iklan, Slogan, dan Poster

 Assalamualaikum Wr.Wb

Pada bab kali ini kita akan mempelajari tentang Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Setelah pembelajaran ini, diharapkan kalian mampu untuk:

·         Mengidentifikasi innformasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.

·         Menyimpulkan isi teks iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.

Iklan

Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk atau informasi yang disampaikan melalui suatu media, yang ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan lebih memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dengan suara. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri; iklan dapat ditulis dengan media apa saja, menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak, pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan, dan menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan diantaranya:

·         Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

·         Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

·         Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan  layanan kepada masyarakat.

·         Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang  pribadi.

Tujuan dari iklan adalah:

·         Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)

·         Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.

·         Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.

·         Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.

 

Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata. Slogan mempunyai karakteristik tertentu sehingga dapat dibedakan dengan jenis informasi lainnya. Karakteristiknya antara lain:

·         Slogan dapat berbentuk kalimat pendek.

·         Umumnya slogan dibuat dengan kata-kata yang menarik dan mudah diingat.

·         Slogan dapat berupa semboyan atau moto suatu organisasi ataupun kelompok masyarakat.

Tujuan utama dari suatu slogan adalah untuk mengajak orang lain agar melakukan sesuatu sesuai dengan isi slogan tersebut. Tujuan lain dari slogan adalah sebagai berikut:

·         Untuk menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat.

·         Untuk memberikan pengertian kepada masyarakat sehingga menjadi sadar tentang suatu hal.

·         Untuk menyampaikan himbauan bagi publik.

·         Untuk mempengaruhi publik agar mengikuti pesan dalam slogan.

·         Untuk memberikan motivasi kepada khalayak.

Secara umum, slogan dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis. Adapun macam-macam slogan adalah sebagai berikut:

Slogan Pendidikan

Slogan pendidikan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan motivasi dalam dunia pendidikan, contohnya slogan “Tut Wuri Handayani”

Slogan Kesehatan

Slogan kesehatan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan motivasi di bidang kesehatan, contohnya “Mencegah lebih baik daripada mengobati”

3. Slogan Peduli Lingkungan

Slogan lingkungan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan peduli akan lingkungan, contohnya “Bersih itu baik, bersih itu indah, bersih itu sehat”

4. Slogan Pemasaran Produk/ Bisnis

Slogan pemasaran adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan mempengaruhi khalayak agar mengenal/ menggunakan suatu produk atau bisnis, contohnya “Aqua, kebaikan hidup”

 

Poster

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempattempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempattempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Dalam pembuatan poster, sama dengan pembuatan slogan yakni dibuat dengan menarik. Penggunaan warna, pemilihan jenis huruf dan tata letak penulisannya perlu diperhatikan dengan serius karena itulah unsur-unsur terpenting dari sebuah poster. Poster lebih mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata, poster bisa dipajang di tempat-tempat umum.

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Yang secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi supaya masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut.

Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat dna lain sebagainya.

Ciri-ciri poster yang diantaranya yaitu:

·         Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.

·         Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.

·         Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

·         Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.

·         Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.

·         Poster dapat dibaca secara sambil lalu.

Adapun jenis-jenis poster yang diantaranya yaitu:

·         Poster Niaga

Poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen suatu produk untuk mengenalkan produknya kepada halayak umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan.

·         Poster Kegiatan

Poster ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event. Di dalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara, lokasi serta waktu kapan dimualinya acara. Penggunaan poster ini bertujuan agar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan acara tersebut.

·         Poster Pendidikan

Poster jenis ini berisi tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan, seperti sosialisasi sebuah program, serta ajakan untuk giat dalam belajar.

·         Poster Layanan Masyarakat

Poster ini berisi mengenai sosialisasi tentang program baru yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat.

 

Postingan populer dari blog ini

Teks Fantasi

Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi